Nomor Call Center PLN Terbaru 24 Jam

3 min read

call center pln

Call Center PLN-PLN sudah berdiri di Indonesia semenjak abad 19 dan saat itu berada di bawah wewenang pemerintahan Belanda. Waktu itu, PLN hanya digunakan untuk mencukupi pasokan listrik perusahaan-perusahaan milik Belanda saja. PLN baru resmi berdiri di bawah pemerintahan Indonesia pada tahun 1965 dan terus meningkatkan pelayanan untuk menyediakan listrik kepada seluruh warga Indonesia. Meskipun begitu, tak jarang ditemukan berbagai kendala yang mengharuskan pelanggan untuk menghubungi nomor call center PLN terbaru 24 jam yang disediakan. Nah, jika Anda mencari informasi tersebut, silakan simak penjelasan di bawah ini.

call center pln

Nomor Call Center PLN

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai nomor call center milik PLN yang bisa dihubungi, mula-mula akan dibahas masalah apa saja yang sering terjadi pada listrik di rumah Anda. Ada masalah yang bisa Anda selesaikan sendiri dengan bimbingan petugas dari pusat, dan ada juga masalah yang harus diselesaikan oleh petugas yang dikirim. Semuanya bisa Anda selesaikan dengan menghubungi nomor layanan yang sudah disediakan.

Masalah yang Paling Sering Ditemui Seputar Listrik Rumah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa masalah yang sering terjadi seputar listrik rumah Anda terbagi menjadi dua, masalah ringan yang bisa diselesaikan sendiri dan masalah berat yang memerlukan penanganan dari tim PLN.

Untuk masalah ringan biasanya bisa berupa kesalahan kode token untuk pelanggan prabayar. Beberapa kali ditemukan bahwa kode gagal diinput sehingga saldo listrik tidak bisa bertambah. Untuk masalah ini biasanya Anda akan dibimbing dari pusat tanpa perlu mendatangkan tim khusus.

Ada lagi masalah lain seperti daya yang tiba-tiba menurun baik untuk pelanggan prabayar ataupun pasca bayar. Masalah ini tergolong masalah besar karena harus diadakan penelusuran terkait daya listrik Anda. Tim PLN di butuhkan di lapangan untuk masalah yang satu ini. Atau juga masalah-masalah lain seperti listrik yang sering mati dan tagihan yang membengkak dengan penggunaan wajar.

Cara Mengadukan Permasalahan ke PLN

Saat Anda mengalami masalah di atas, setidaknya ada beberapa jalan yang bisa dicoba untuk menghubungi pihak PLN. Yang pertama adalah dengan menghubungi langsung menggunakan panggilan telepon ke nomor call center PLN. Cara ini paling banyak digunakan karena selain praktis, masalah juga lebih mudah dideteksi oleh pusat sehingga cepat terselesaikan.

Cara yang kedua adalah dengan mengadukan lewat aplikasi mobile. Benar sekali, saat ini PLN sudah menyediakan aplikasi mobile yang tersedia untuk smartphone Anda. Anda bisa langsung mengunduhnya di toko aplikasi dan mendaftarkan nomor ID meteran listrik Anda untuk login. Dari situ, Anda bisa mendapatkan berbagai pelayanan termasuk layanan pengaduan yang lebih mudah dan efektif.

Cara yang terakhir adalah dengan mendatangi langsung kantor cabang PLN yang menyuplai listrik ke daerah ini. untuk cara yang terakhir biasanya digunakan jika terjadi masalah yang berat sehingga dibutuhkan penjelasan yang mendetail. Anda bisa mencari informasi seputar kantor cabang PLN yang menyuplai listrik di daerah Anda di mesin pencari.

nomor cs pln

Mengadukan Lewat Panggilan Telepon

Jika Anda ingin mengadukan keluhan atau permasalahan yang terjadi pada listrik rumah Anda lewat panggilan telepon, maka Anda bisa menghubungi call center PLN yang sudah disediakan. Anda bisa melakukan panggilan ke nomor 123 melalui telepon rumah.

Namun, jika Anda menggunakan ponsel, maka Anda perlu menambahkan kode area telepon sebelum nomor tersebut. jadi formatnya adalah (kode area+123). Sebagai contoh, jika Anda tinggal di Jakarta, maka panggilan ditujukan ke nomor 021123. 021 adalah kode telepon untuk seluruh area Jakarta dan kepulauan seribu. Tinggal sesuaikan saja dengan kode telepon di wilayah Anda.

Setelah melakukan panggilan, biasanya Anda akan dialihkan ke PLN cabang yang menyuplai listrik di daerah Anda. Anda akan ditanyai mengenai ID meteran listrik dan nama yang digunakan atas meteran tersebut. Jadi siapkan data-datanya sebelum Anda melakukan panggilan.

Cara ini tergolong sangat efektif membantu menyelesaikan masalah seputar listrik rumah Anda. Sebagai contoh, penulis pernah mengadukan seputar token yang gagal diinput. Pihak PLN yang dihubungi membimbing proses memasukkan token baru secara remot dan tidak berapa lama, saldo pulsa listrik pun sudah masuk.

Mengadukan Lewat Aplikasi Mobile

Untuk cara mengadukan lewat aplikasi mobile juga termasuk efektif. Jika Anda sudah lama menggunakan aplikasi PLN mobile, maka proses pengaduan pun menjadi lebih cepat. Untuk bisa mengadukan keluhan Anda, silakan pilih menu pengaduan pada bagian bawah aplikasi. Pertama-tama, Anda akan dialihkan ke halaman pertanyaan yang paling sering diajukan.

Pada halaman tersebut, Anda akan disajikan beberapa pertanyaan umum yang paling sering ditanyakan oleh pelanggan. Silakan lihat terlebih dahulu apakah masalah Anda ada dalam daftar tersebut. Jika masalah sudah ada dalam daftar, maka Anda tidak perlu repot-repot mengajukan keluhan lagi ke pihak PLN.

Namun jika masalah yang Anda alami tidak ada dalam daftar, Anda akan dialihkan ke halaman keluhan untuk menyampaikan masalah Anda. Anda bisa mengirim keluhan tersebut setelah menjelaskan secara mendetail masalah yang dialami. Setelah itu, pihak PLN biasanya akan menghubungi Anda melalui nomor telepon yang ditinggalkan. Atau jika ingin lebih cepat, Anda bisa memilih opsi hubungi PLN dan melakukan panggilan layaknya opsi pertama.

Mengadukan ke Kantor Cabang

Selain menghubungi nomor call center PLN terbaru 24 jam dan lewat aplikasi, Anda juga bisa mendatangi langsung kantor cabangnya. Jika Anda mengadukan ke kantor cabang PLN, maka Anda perlu tahu terlebih dahulu di mana PLN cabang mana yang menyuplai listrik di daerah Anda. Jadi perlu diketahui bahwa Anda tidak bisa mengadukan permasalahan yang dialami ke sembarang kantor cabang.

Untuk mencari tahu di mana kantor cabang yang menyuplai listrik Anda, silakan lihat stiker yang terdapat pada meteran listrik Anda. Biasanya sudah ada identitas dari PLN cabang mana yang bertanggung jawab atas meteran tersebut. setelah itu, Anda tinggal mendatangi aktor cabang tersebut. Jangan lupa untuk membawa berkas-berkas yang dibutuhkan seperti nomor ID meteran dan KTP atas nama meteran tersebut agar permasalahan bisa segera di proses.

Memanfaatkan Berbagai Fitur dan Layanan PLN

PLN berkomitmen untuk terus hadir dan dekat dengan masyarakat. Terbukti dari banyaknya cara untuk menghubungi PLN seperti yang dipaparkan di atas. Selain menghubungi ketika ada masalah, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai layanan yang ditawarkan PLN, baik yang tersedia di aplikasi mobile maupun melalui website resminya.

Anda bisa membuat sambungan baru, sambungan sementara, dan meningkatkan daya dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada di website dan aplikasinya. Semuanya menjadi lebih mudah tanpa perlu bolak-balik ke kantor untuk mendapatkan layanan-layanan tersebut.

Itulah beberapa keterangan seputar masalah-masalah yang terjadi di PLN sekaligus nomor call center PLN terbaru 24 jam yang bisa Anda jadikan rujukan. Anda jadi tidak perlu khawatir lagi jika terjadi masalah pada listrik rumah Anda. semoga bermanfaat.