Nomor Call Center WhatsApp Indonesia

3 min read

call center whatsapp

Nomor Call Center WhatsApp Indonesia-Aplikasi pesan instan WhatsApp merupakan salah satu aplikasi paling populer di Indonesia saat ini. Masyarakat dari segala lapisan usia menggunakannya untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan rekan kerja. Aplikasi ini memudahkan orang-orang untuk berinteraksi dengan orang lain dalam waktu yang cepat. WhatsApp membuat pengiriman pesan lebih terjangkau karena layanannya diberikan secara cuma-cuma dan pengguna hanya perlu mengeluarkan biaya untuk koneksi internet. Ada kalanya, isu-isu muncul dalam penggunaan aplikasi ini. Tentunya mengetahui nomor call center WhatsApp yang bisa dihubungi di wilayah Indonesia akan menguntungkan.

Perlu kamu ketahui, hingga saat ini WhatsApp belum memiliki kantor cabang di Indonesia. Dahulu, belum ada nomor kontak layanan konsumen yang spesifik untuk negara ini. Semua pengguna aplikasi akan diarahkan untuk menghubungi sambungan telepon internasional. Akan tetapi, di tahun 2019, perusahaan teknologi informasi ini akan mendirikan pusat panggilan pelanggan yang merupakan hasil kerjasama dengan beberapa institusi nasional. Selain itu, WhatsApp menyediakan beberapa metode alternatif untuk menghubungi layanan konsumennya.

call center whatsapp

Menghubungi Call Center WhatsApp di Indonesia dan Metode Alternatifnya

Hingga saat artikel ini dibuat, pihak WhatsApp belum mengumumkan nomor layanan pusat panggilan yang dapat dihubungi oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan pengembangan pusat tersebut yang masih berada pada tahap koordinasi. Pengguna memiliki beberapa nomor yang dapat dihubungi. Nomor bebas toll yang dapat dihubungi adalah 751-3284 dengan kode area 866. Karena pengguna WhatsApp dari Indonesia juga termasuk pengguna internasional, kamu disarankan untuk menghubungi nomor 973-935-8772 untuk mendapatkan layanan yang lebih baik.

Menghubungi WhatsApp ketika Anda membutuhkan bantuan mengenai isu yang muncul dalam penggunaan aplikasi tersebut bisa jadi merupakan solusi yang kurang praktis terutama jika masalah yang terjadi bisa dibilang sederhana. Selain itu, mengingat banyak sekali pengguna aplikasi pesan instan ini di seluruh belahan dunia, tidak heran jika mungkin membutuhkan waktu lama untuk terhubung dengan layanan konsumen. Kamu juga perlu mengingat bahwa panggilan internasional menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Untuk menanggulangi hal tersebut, terdapat beberapa cara untuk memperoleh bantuan layanan konsumen tanpa menghubungi call center WhatsApp.

Menggunakan Menu “Help” di Aplikasi Smartphone

Cara paling sederhana untuk memperoleh bantuan dari layanan konsumen aplikasi ini adalah mengakses menu “Help” melalui smartphone kamu. Pertanyaan dari pengguna aplikasi biasanya akan diproses dengan cepat oleh pihak WhatsApp. Berikut ini merupakan tahap-tahap untuk memperoleh dukungan konsumen dengan smartphone-mu.

  • Mengakses aplikasi WhatsApp di dalam smartphone.
  • Mengklik simbol tiga titik paralel di bagian pojok kanan atas.
  • Pilih submenu “Settings”.
  • Klik menu “Help” yang terletak pada bagian terbawah halaman.
  • Klik menu “Contact us”.
  • Deskripsikan permasalahan dalam penggunaan WhatsApp. Tambahkan beberapa screenshots jika memungkinkan.
  • Klik “Next”.
  • Kamu akan diarahkan ke menu “FAQ”. Apabila pembahasan FAQ tidak mampu mengatasi permasalahanmu, maka klik “This does not answer my question”.
  • Pengguna akan diarahkan untuk mengirimkan pertanyaan tersebut melalui akun email yang sudah terdaftar di smartphone.

Mengirimkan Pertanyaan Langsung Melalui Email

Selain menggunakan smartphone untuk mengirimkan laporan masalah pada aplikasi, pengguna juga dapat langsung menuliskan email kepada bagian layanan konsumen untuk memperoleh bantuan. Perusahaan ini menyediakan beberapa saluran yang berbeda, tergantung dari tipe pelanggan. Pengguna yang menggunakan aplikasi ini untuk kepentingan pribadi akan diberikan jaringan kontak berbeda dengan pelanggan bisnis.

Berikut ini merupakan cara pengguna pribadi untuk mengirimkan email ke WhatsApp. Perlu diketahui bahwa setiap tipe perangkat elektronik disediakan alamat email yang berbeda.

  • Akses halaman “Contact” situs WhatsApp di https://www.whatsapp.com/contact.
  • Di bawah tulisan “Dukungan WhatsApp Messenger”, klik “Hubungi kami”.
  • Klik tipe perangkat yang kamu gunakan untuk mengakses aplikasi ini. Akan muncul alamat email yang dibuat khusus untuk tipe perangkatmu.
  • Buatlah email yang menerangkan masalah penggunaan aplikasi. Akan lebih baik jika email disertai bukti berupa screenshots.
  • Salin alamat email yang diperoleh dari situs WhatsApp ke bagian penerima email.
  • Tuliskan subjek email yang sesuai.
  • Kirim email dan tunggulah respon dari pihak WhatsApp.

Perusahaan teknologi ini juga mulai melebarkan sayap dengan menyediakan layanan-layanan yang didesain secara spesifik untuk bisnis berskala kecil hingga besar. Salah satu bentuk pelayanannya adalah dengan menyediakan saluran layanan konsumen untuk perusahaan-perusahaan yang telah cukup berkembang di Indonesia. Penggunaan aplikasi ini untuk pelayanan konsumen menekan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dan juga pelanggan dari insitusi tersebut. Apabila kamu tertarik untuk menggunakan jasa bisnisnya, berikut ini merupakan cara untuk mengontak WhatsApp melalui email.

  • Kunjungi halaman “Contact” di situs WhatsApp di alamat https://www.whatsapp.com/contact.
  • Di bawah tulisan “Dukungan WhatsApp Business”, klik tautan “Hubungi kami”.
  • Tautan itu akan menunjukkan alamat email yang dapat dihubungi guna mendiskusikan penggunaan aplikasi ini untuk keperluan bisnis.
  • Buatlah email yang menerangkan pertanyaan mengenai penggunaan WhatsApp Business. Apabila memungkinkan, pengguna perlu memberikan bukti tambahan dalam bentuk screenshots permasalahan agar penyelesaian yang lebih akurat dapat ditawarkan.
  • Salinlah alamat email yang diperoleh sebelumnya ke bagian penerima email.
  • Tuliskan subjek email yang sesuai dengan konten.
  • Kirimlah email.

Mengirimkan Surat ke Alamat Pusat

Bisa jadi kamu menghabiskan waktu yang lama untuk menunggu respon dari pihak WhatsApp. Apabila hal ini terjadi, alternatif terakhir adalah mengirimkan surat ke alamat pusat. Tentunya hal ini bisa dihindari pada sebagian besar situasi, akan tetapi ada kalanya tindakan seperti ini perlu dilakukan. Mengirimkan surat ke pihak pengembang aplikasi tentunya dapat memakan waktu yang lama dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit, terutama jika pengiriman surat dilakukan dari negara lain.

Alamat kantor pusat WhatsApp adalah 1601 Willow Road, Menlo Park, CA dengan kode pos 94025. Terdapat beberapa konten penting yang harus ada di dalam surat (berlaku juga untuk email dan telepon ke pusat panggilan).

  • Nomor pengguna yang terdaftar di database lengkap dengan kode internasionalnya. Misalnya kode Indonesia adalah +62.
  • Masalah spesifik yang terjadi dalam penggunaan WhatsApp, baik untuk kepentingan pengiriman pesan pribadi maupun bisnis.
  • Penjelasan mengenai kapan masalah terjadi dan respon yang ditampilkan oleh aplikasi berkaitan dengan permasalahan.
  • Perangkat yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses aplikasi tersebut. Deskripsikan tipe perangkat dengan spesifik.
  • Bukti permasalahan yang terjadi seperti screenshots apabila memungkinkan.

Terdapat beberapa alasan yang membuat pengguna aplikasi membutuhkan bantuan dari pihak pengembang aplikasi, di antara aplikasi yang tidak bisa diakses atau nomor akun yang terblokir. Apabila masalah yang terjadi cukup ringan, kamu bisa mengecek FAQ untuk melihat solusi yang ditawarkan. Pada sebagian besar situasi, solusi FAQ dapat mengatasi permasalahan. Apabila tidak, kamu bisa menghubungi call center WhatsApp atau mencoba alternatif lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *