Nomor Pengaduan Telkom Terbaru 2019

3 min read

nomor pengaduan telkom

Nomor Pengaduan Telkom-Telkom yang dikelola oleh PT Telekomunikasi Indonesia telah beroperasi sejak lama. Berbagai layanan dan produk dikembangkan dan dipasarkan kepada masyarakat. Untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap layanan yang dilakukan oleh Telkom, Telkom membentuk sebuah call center. Melalui call center tersebut, pelanggan dapat melaporkan keluhan yang mereka alami. Keluhan tersebut dapat disampaikan jika Anda tahu informasi nomor pengaduan Telkom 2019.

Telkom sampai saat ini sudah memberikan banyak layanan dan produk, mulai dari layanan telepon sampai koneksi internet. Adanya kendala yang ditemui sebenarnya merupakan hal yang wajar selama tidak berlangsung lama dan dapat ditangani dengan segera. Nomor pengaduan berfungsi membantu Anda menyelesaikan permasalahan Anda sehingga layanan Telkom dapat digunakan kembali.

nomor pengaduan telkom

Informasi Nomor Pengaduan Telkom 2019 dan Daftar Akun Media Sosial yang Tersedia

Pengaduan Telkom dapat dilakukan dengan berbagai cara. Telkom menyediakan cara-cara pengaduan yang mudah dilakukan oleh pelanggan. Ada banyak sarana komunikasi yang bisa Anda gunakan sesuai dengan keinginan. Berikut cara yang bisa Anda gunakan dan pilihlah salah satu cara berikut.

  • Nomor Telepon Pengaduan Telkom

Telepon menjadi sarana komunikasi yang selalu tersedia untuk pengaduan. Nomor pengaduan yang disediakan oleh Telkom adalah 147. Nomor tersebut dapat dihubungi dari seluruh wilayah Indonesia. Anda dapat menghubungi melalui telepon rumah atau smartphone. Apabila Anda menggunakan telepon rumah, Anda cukup menekan tombol 147 dan Anda akan tersambung ke gerai Telkom daerah Anda. Jika Anda memilih menggunakan smartphone, Anda harus menambahkan kode area sesuai dengan domisili tinggal. Contohnya jika Anda berdomisili di Surabaya, maka tambahkan nomor 031 sehingga nomor yang Anda hubungi adalah 031147. Kode area wilayah lain dapat dicari melalui mesin pencari. Tanpa kode area, Anda akan terhubung langsung dengan Telkom pusat.

Anda dapat menghubungi nomor 147 selama 24 jam. Layanan yang beroperasi selama 24 jam akan membantu Anda jika masalah muncul di luar jam kerja seperti saat malam hari. Anda tidak perlu menunggu waktu lama sampai permasalahan Anda teratasi. Telkom juga tidak membebankan biaya jasa jika Anda mengadukan permasalahan melalui telepon. Anda cukup membayar biaya telepon lokal atau pulsa sesuai ketentuan provider.

Itulah informasi nomor pengaduan Telkom 2019. Setelah terhubung dengan customer service yang bertanggung jawab, Anda cukup mengikuti prosedur yang diinstruksikan. Sebutkan identitas dan jelaskan permasalahan Anda. Lebih baik sebutkan juga nomor ID pelanggan Anda. Customer service akan memberikan nomor pengaduan. Customer service akan mengakhiri telepon. Tunggu beberapa saat. Apabila layanan tidak segera normal, maka Anda dapat menghubungi nomor pengaduan lagi sambil menyebutkan nomor pengaduan yang telah Anda dapatkan sebelumnya.

  • Facebook Telkom

Facebook menyediakan media sosial yang dapat Anda hubungi, salah satunya adalah Facebook. Nama akun Facebook yang bertugas menangani pengaduan Anda adalah (at)telkomcare. Setelah halaman termuat, cari tombol Kirim Pesan dan klik tombol tersebut. Tuliskan identitas Anda serta ID pelanggan saat mengirim pesan. Jelaskan permasalahan Anda kepada customer service yang bertugas. Customer service akan segera menyelesaikan permasalahan tersebut. Jika customer service membutuhkan waktu lebih, maka Anda akan mendapatkan nomor pengaduan.

Pastikan nomor HP selalu aktif sehingga customer service dapat menghubungi jika diperlukan. Apabila Anda megganti nomor HP, informasikan kepada customer service tersebut. Terus pantau layanan yang Anda adukan. Apabila belum ada perbaikan, Anda dapat menghubungi customer service melalui sarana komunikasi yang sama dengan melampirkan nomor pengaduan. Tunggu beberapa saat sampai layanan menjadi normal.

Layanan melalui Facebook dapat diakses setiap saat selama Anda terkoneksi dengan internet dan dapat membuka Facebook. Anda tidak akan dikenai biaya jika menghubungi customer service melalui Facebook. Anda dapat menggunakan Facebook jika aktif dalam media sosial ini. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk memantau perkembangan dari pengaduan yang telah Anda sampaikan ke customer service.

  • Twitter Resmi Telkom

Selain Facebook, Telkom menyediakan media sosial lain yang bisa dipergunakan yaitu Twitter. Saat ini pengguna Twitter di Indonesia cukup banyak. Hal tersebut dimanfaatkan oleh Telkom untuk lebih dekat dengan para pelanggannya. Anda dapat menghubungi Twitter Telkom melalui (at)telkomcare. Twitter menyediakan 2 fitur untuk berkomunikasi, antara lain Tweet dan pesan pribadi.

Anda dapat memilih fitur Tweet jika permasalahan dapat diuraikan dengan singkat tetapi tetap jelas. Hal yang perlu Anda lakukan adalah membuka profil Telkom. Klik tombol Tweet To atau tombol bergambar pena. Anda juga bisa menuliskan tweet dari beranda dengan klik tombol bergambar pena dan menuliskan nama akun Telkom. Selanjutnya tuliskan kendala yang sedang Anda hadapi. Selama menggunakan fitur tweet, Anda harus berhati-hati. Jangan sebarkan data pribadi Anda seperti nomor HP agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Apabila customer service membutuhkan data pribadi untuk mengatasi permasalahan Anda, mereka akan meminta Anda mengirimkannya melalui pesan pribadi.

Anda juga bisa langsung menggunakan fitur pesan pribadi. Buka profil Telkom melalui web atau aplikasi. Klik tombol bertuliskan Message atau tombol bergambar amplop. Tuliskan identitas Anda seperti nomor ID pelanggan dan jelaskan kendala yang sedang terjadi. Customer service akan membalas sesegera mungkin. Sama seperti layanan sebelumnya, mereka akan mengatasi permasalahan Anda. Jika customer service membutuhkan waktu lebih lama, maka Anda akan mendapatkan nomor pengaduan yang dapat digunakan selanjutnya.

  1. Grapari

Grapari merupakan gerai yang dimiliki oleh Telkom. Setiap kota biasanya memiliki Grapari yang tersebar di beberapa tempat. Jika Anda sempat, Anda dapat memilih untuk berkunjung ke Grapari dan melaporkan keluhan Anda. Grapari hanya dapat dikunjungi saat hari kerja dan di jam yang telah ditentukan. Biasanya Grapari buka mulai pagi sampai sore hari. Dengan mengunjungi Grapari, Anda dapat menceritakan secara lengkap kendala yang Anda temui. Customer service akan menyelesaikan di tempat permasalahan tersebut agar Anda dapat menikmati layanan Telkom lagi. Jika perlu, customer service akan mengirimkan petugas ke rumah Anda untuk memperbaiki permasalahan yang ada.

Mendatangi Grapari mungkin tidak bisa dilakukan oleh semua orang karena hanya buka di jam tertentu saja. Selain itu, tidak semua orang memiliki waktu senggang agar bisa mengunjungi Grapari. Namun, kelebihan yang akan Anda dapatkan jika mengunjungi Grapari adalah Anda dapat menjelaskan dengan lengkap sehingga kesalahpahaman antara pelanggan dengan customer service dapat diminimalisasi. Selain itu, customer service akan segera membantu Anda mengatasi masalah.

Telkom menyediakan banyak layanan dan produk untuk dinikmati oleh pelanggannya. Layanan yang diadakan terkadang terjadi masalah meskipun tidak sering. Layanan nomor pengaduan bermaksud membantu setiap pelanggan menikmati layanan Telkom tanpa terhenti. Itulah informasi mengenai nomor pengaduan Telkom 2019 yang dapat Anda gunakan. Diharapkan permasalahan yang Anda temui dapat segera diselesaikan oleh customer service dan teknisi yang bertugas sehingga Anda dapat menikmati layanan Telkom lagi.